Penulis / NIM
AFDHAL MOHAMAD ABDUL / 831412044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
AFDHAL M ABDUL. 2016. Penerapan Model Pembelajaran student achievement division (STAD) Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing atas Permainan Bolavoli (Penelitian Tindakan Kelas Siswa/i Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Kabila). Skripsi. Jurusan Pendidikan dan Jasmani, Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo. 2016. Pembimbing (1) Drs. Sarjan Mile, M.s. Pembimbing (2) Suriyadi Datau, S.pd, M.pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah pada materi permainan bola voli khususnya pada tehnik dasar passing atas masih kurang efektif dan kurangnya peralatan pembelajaran penjasorkes,Siswa belum bisa atau memahami dalam melakukan praktek,Siswa tidak mendapatkan pengalaman gerak melalui proses pembelajaran,Rendahnya keterampilan passing atas.cara pemecahan masalah adalah dengan menggunakan model pembelajaran Student Achievement Division (STAD).
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah upaya untuk meningkatkan keterampilan passing atas dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Kabila. Hipotesis penelitian adalah: Jika model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) diterapkan, maka keterampilan passing atas permainan bolavoli pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Kabila akan meningkat. Indikator dalam penelitian ini adalah: apabila keterampilan passing atas permainan bolavoli siswa/i kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Kabila dapat meningkat dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 80 dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) maka penelitian tindakan kelas ini dianggap selesai dan berhasil.
Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi siswa serta evaluasi atas materi yang diajarkan setiap siklus. Kemudian data tersebut di analisis untuk mengetahui peningkatan yang terjadi. Berdasarkan analisis data dapat diketahui terjadinya peningkatan rata-rata keterampilan siswa melakukan passing atas yakni: pada observasi awal nilai rata-rata keseluruhan siswa melakukan Passing Atas sebesar 58,33. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 12,08 menjadi 70,41. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 10,84 mejadi 81,25. Secara keseluruhan, peningkatan dari observasi awal hingga hasil dari evaluasi siklus II adalah sebesar 22,92.Dengan demikian dapat dikatakn bahwa hipotesis yang telah diajukan dapat diterima karena teruji kebenarannya.
Katakunci: Keterampilan Passing Atas permainan bolavoli, Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD)
Download berkas