Penulis / NIM
YULISMO NANI / 831412061
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
Yulismo Nani. 2018. Meningkatkan Teknik Dasar Servis Bawah Dalam Permainan Bolavoli Melalui Model Pembelajaran Tipe STAD Pada Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 2 TILAMUTA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Risna Podungge, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Suriyadi Datau, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : Apakah dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD teknik dasar servis bawah dalam permainan bolavoli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tilamuta akan meningkat? Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan teknik dasar servis bawah dalam permainan bolavoli melalui model pembelajaran tipe STAD di kelas VIII SMP Negeri 2 Tilamuta.. Metode yang diterapkan yakni strategi pembelajaran modeling. Hipotesis penelitian ini adalah "jika model pembelajaran kooperatif tipe STAD diterapkan, maka servis bawah pada permainan bolavoli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tilamuta akan meningkat. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tilamuta dengan jumlah siswa 26 orang.
Berdasarkan hasil analisis data pada observasi, siklus I dan siklus II pemberian tindakan dalam penelitian tindakan kelas ini menunjukkan keberhasilan melalui peningkatan kemampuan siswa kelas VII dalam melakukan teknik dasar passing bawah, sebagai berikut : Aspek (A) sikap awal pada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai 54,63, siklus I mencapai 66,2 dan siklus II mencapai 80,56. Aspek (B) Pelaksanaan gerakan pada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai 56,94, siklus I mencapai 70,37, dan siklus II mencapai 80.09. Aspek (C) sikap akhir pada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai 58,33, siklus I mencapai 66,67, dan siklus II mencapai 81,94.
Memperhatikan peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa berarti hipotesis yang di rumuskan yaitu "metode bagian keseluruhan siswa dalam melakukan teknik dasar passing bawah dapat diterima (terbukti kebenarannya). Jadi penelitian tindakan kelas (PTK) ini dapat dikatakan telah berhasil.
Kata Kunci : Servis Bawah, Permainan Bolavoli, Model Pembelajaran Tipe STAD
Download berkas