Penulis / NIM
ANSIR TAIDI / 831412064
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
Abstrak
Masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah kurangnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran passing bawah. Cara pemecahannya dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan Hasil Belajar Passing bawah Melalui Model Pembelajaran Direct Instruction pada Siswa Kelas X SMA NEG 1 Suwawa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction pada Siswa Kelas X SMA NEG 1 Suwawa tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian terbukti signifikan,dimana terjadi peningkatan dengan presentase 100% melebihi indikator kinerja yang telah ditentukan 80% setelah dilakukan tindakan dalam 2 siklus dari jumlah siswa sebanyak 20 orang,8 putra dan 12 putri yang dikenakan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam melakukan passing bawah meningkat setelah diberikan tindakan dan mencapai hasil sesuai dengan apa yang diharapkan yakni rata-rata pada observasi awal sebesar 52.91%, Siklus I terjadi peningkatan sebesar 10.42% menjadi 63.33% dan pada siklus II meningkat 17.92% menjadi 81.25%. Dengan demikian maka penelitian tersebut dikatakan berhasil.Berdasarkan uraian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian tindakan kelas ini jika model pembelajaran Direct Instruction digunakan dalam pembelajaran penjas,khususnya passing bawah,maka hasil belajar passing bawah siswa kelas X SMA Negeri 1 Suwawa dapat ditingkatkan.
Kata Kunci: Passing bawah . Direct Instruction. Siswa Kelas X SMA NEG 1 Suwawa
Download berkas