Penulis / NIM
AZIS DATU / 831412071
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. HARIADI SAID, M.Si / 0016036104
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Abstrak
ABSTRAK
Datu, Azis. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan Teknik Dasar Chest Pass Dalam Permainan Bola Basket. Skripsi, Program Studi PendidikanJasmani, KesehatandanRekreasi, JurusanPendidikanKeolahragaan, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. H. Hariadi Said, M.S, dan Pembimbing II Drs. Sarjan Mile, M.S.
Masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : apakah teknik dasar chest pass dalam permainan bola basket dapat ditingkatkan melauiimplementasi model pembelajaran teams games tournament? Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan melalui penggunaan model pembelajaran times games tournament (tgt), tujuannya guna meningkatkan teknik pada chest pass yang di belajarkan di sekolah menengah pertama, dan secara khusus untuk meningkatkan teknik dasar chest pass pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Suwawa. Hipotesis tindakan adalah "jika model pembelajaran teams games tournament diterapkan maka teknik dasar chest pass dalam permainan bola basket dapat ditingkatkan.
Melaluimodel pembelajaran teams games tournament terbukti dapat meningkatkan teknik dasar siswa dalam chest pass pada permainan bola basket. Hal inididasarkan pada hasil penelitian yang telah dilakukan dan memperoleh data sebagai berikut ; pada observasi awal rata-rata kemampuan siswa dalam chest pass mencapairata-rata 60,42. Setelah di adakanpembelajaran pada siklus satu terjadi peningkatandengan selisih 10,41 sehingga mencapai rata-rata hasil 70,83. Namun pada nilai capaian dalam siklus satu ini belum memenuhi indikator kinerja yang diharapkan, maka dilanjutkan pembelajaran kesiklusdua dan perolehan hasil mencapai 10,84 sehingga capaian hasil rata-rata meningkat menjadi 81,67.
Berdasarkan hasil capaian di atas terlihat jelas bahwaterjadipeningkatanketerampilan siswa dalam chest pass , mulai dari hasil observasi awal, siklussatu, dansiklusdua.Padasiklusdua hasil yang dicapai adalah 81,67 sudah memenuhi indikator kinerja yakni 80%. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi "jikamodel pembelajaran teams games tournament diterapkan maka teknik dasar chest pass dalam permainan bola basket dapat ditingkatkan diterima.
Kata Kunci : Teams Games Tournament,Chest Pass,Permainan Bolabasket.
Download berkas