Penulis / NIM
RAHMAT MOHA / 831412073
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. HARIADI SAID, M.Si / 0016036104
Pembimbing 2 / NIDN
EDY DHARMA PUTRA DUHE, S.Pd M.Pd / 0015068103
Abstrak
ABSTRAK
Rahmat moha, 2017. Pengaruh model pembelajaran explicit instruction terhadap hasil belajar passing atas pada permainan bola voli pada siswa kelas XI smk negeri 1 gorontalo. Pembimbing IProf. Dr. H. Hariadi Said, MSdanPembimbing II Edy Dharma Putra Duhe, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 gorontalo,masalah dalam Penelitianiniadalah: kurangnya siswa dalam melakukan passing atas pada permainan bola voli pada siswa kelas XI-AK6 SMK Negeri 1 Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah guna meningkatkan kemampuan hasil belajar passing atas pada permainan bola voli melalui model pembelajaran explicit istruction pada siswa SMK Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 18 kali pertemuan. Obyek penelitian kelas XI-AK6 dengan jumlah siswa 30.
Berdasarkan hasil penelitian pre-test menunjukan skor tertinggi 5 dan skor yang terendah 2. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 89 dan nilai standar deviasi 1,0825dan varians 1,1718. Sedangkan pada hasil penelitian post-test menunjukan skor tertinggi 9 dan skor terendah 6. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 210 dan standar deviasi 1,028 serta varians 1,0583. Sedangkan pengujian hasil pre-test dan post-test menunjukan harga thitung122,2121. Sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga ttebel1,699. Ternyata harga thitunglebih besar dari ttabel. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran explicit instruction memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap keterampilan passing atas dalam permainan bola voli pada siswa kelas XI-AK6 SMK Negeri 1 gorontalo.
Kata kunci : Model âExplicit Instruction)â, Keterampilan Siswa dalam melakukan teknik dasar passing atas dalam permainan Bola voli.
Download berkas