SKRIPSI

Penulis / NIM
ABDUL NAZAR / 831412078
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Pembimbing 2 / NIDN
SYARIF HIDAYAT, S.Pd Kor M.Or / 0003047902
Abstrak
ABSTRAK ABDUL NAZAR. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Atas Permainan Bolavoli (Penelitian Tindakan Kelas Siswa/i Kelas VIID SMP Negeri 1 Suwawa). Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya peralatan pembelajaran terutama bola, guru belum menerapkan model pembelajran yang sudah berkembang pada saat ini, kurangnya keterampilan passing atas permainan bolavoli siswa/i kelas VIII SMP Negeri 1 Dungaliyo dikarenakan penerapan model pembelajaran yang belum tepat. Cara pemecahan masalah adalah dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peran dari model pembelajaran Teams Games Tournamet (TGT) dalam meningkatkan keterampilan passing atas permainan bolavoli siswa/i kelas VIII 3 SMP Negeri 1 Dungaliyo. Hipotesis penelitian ini adalah: jika menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam pembejaran passing atas, maka keterampilan passing atas permainan bolavoli siswa/i SMP Negeri 1 Dungaliyo akan meningkat. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah: apabila keterampilan passing atas permainan bolavoli siswa/i kelas VIII 3 SMP Negeri 1 Dungaliyo dapat meningkat dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 80 dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) maka penelitian tindakan kelas ini dianggap selesai dan berhasil. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi siswa serta evaluasi atas materi yang diajarkan setiap siklus. Kemudian data tersebut di analisis untuk mengetahui peningkatan yang terjadi. Berdasarkan analisis data dapat diketahui terjadinya peningkatan rata-rata keterampilan siswa melakukan passing atas yakni: pada observasi awal nilai rata-rata keseluruhan siswa melakukan Passing Atas sebesar 50,29. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 18,39 menjadi 68,68. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 18,39 mejadi 80,45. Secara keseluruhan, peningkatan dari observasi awal hingga hasil dari evaluasi siklus II adalah sebesar 23,33. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hipotesis yang telah diajukan dapat diterima karena teruji kebenarannya. Katakunci: Keterampilan Passing Atas permainan bolavoli, Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT).
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011