SKRIPSI

Penulis / NIM
ZAINUDIN K DATU / 831412080
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
SYARIF HIDAYAT, S.Pd Kor M.Or / 0003047902
Abstrak
ABSTRAK Ziaindin K. Datu/ 831412080 Meningkatkan Keterampilan Dasar Smash Dalam Permainan Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Explicit Intructions Pada Siswa Kelas X 3 SMKN 2 Gorontalo. Masalah dalam penelitian ini adalah belum optimalnya pemahaman siswa dalam mengikuti pembelajaran penjaskes tentang materi smash pada permainan bola voli, kurangnya fasilitas yang disediakan oleh sekolah, dan kurang tepatnya metode yang digunakan oleh guru penjaskes untuk proses pembelajaran. Untuk memecahkan masalah tersebut digunakan model pembelajaran explicit instructions dilakukan dengan cara menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa, mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan, membimbing pelatiahan, dan mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar smash dalam permainan bola voli pada siswa kelas X 3 SMKN 2 Gorontalo. Hipotesis tindakan yakni "jika menggunakan model pembelajaran explicit instructions maka kemampuan dasar smash pada siswa kelas X 3 SMKN 2 Gorontalo dapat ditingkatkan. Indikator dalam penelitian ini adalah apabila keterampilan dasar melakukan smash melalui model pembelajaran explicit instructions pada siswa yang menjadi objek dapat ditingkatkan minimal 80%, maka penelitian tindakan kelas dianggap berhasil. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi atas materi yang diajarkan pada setiap siklus kemudian data analisis baik secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data terjadi peningkatan rata-rata kemampuan hasil teknik dasar smash, yakni: pada observasi awal rata-rata kemampuan siswa dalam melakukan teknik dasar smash sebesar 66,1, setelah diadakan teindakan pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 73,0, dan pada tindakan siklus II diperoleh hasil capaian sebesar 81,0. Melihat capaian yang diperoleh siswa siswa pada siklus II maka penelitian ini dinyatakan berhasil. Jika model pembelajaran explicit instructions dilakukan dalam penelitian ini maka keterampilan teknik dasar smash meningkat Kata Kunci: bolavoli, keterampilan dasar smash, dan model pembelajaran explicit instructions.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011