Penulis / NIM
M. IKBAL TOGUBU / 831412083
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
SYARIF HIDAYAT, S.Pd Kor M.Or / 0003047902
Abstrak
INTISARI
M. IKBAL TOGUBU. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Dalam Meningkatkan Keterampilan Chest Pass Pada Mata Pelajaran Penjaskes Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Gorontalo.Skripsi, Program Studi Penjaskes-rek, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Sarjan Mile, M.S, dan pembimbing II Syarif Hidayat M, Or.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : Apakah dengan menggunakan metode pembelajaran tipr Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam melakukan chest pass dalam permainan bola basket pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 kota Gorontalo? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan menggunakan model pembelajaran koperatif tipe Teams Games Tournament (TGT).Hipotesis dalam penelitian ini adalah âada Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Dalam Meningkatkan Keterampilan Chest Pass Pada Mata Pelajaran Penjaskes Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Gorontalo.Sampel adalah sebagai bagian dari populasi, dan kelas yang berjumlah 39 orang di dalamnya terdapat siswa putra berjumlah 18 orang dan siswa putri 21 orang.
Hasil penelitian yang diperoleh dilapangan pada siklus I untuk tahap sikap awal 74.4 tahap gerakan pelaksanaan 65.12 dan akhir gerakan 73.39 dengan skor rata rata keseluruhan 70.97 berada pada kriteria penilaian baik. Selanjutnya pada siklus II untuk tahap sikap awal 82.86 tahap gerakan pelaksanaan 78.02 dan akhir gerakan 85.69, kesesluruhan ini dilakukan dengan praktek, skor rata-rata keseluruhan sebanyak 82.19, artinya telah berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan peningkatan-peningkatan yang terjadi pada setiap evaluasi, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan keterampilan Chest Pass pada mata pelajaran penjaskes pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Gorontalo meningktkat.
Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran koperatif tipe TGT (Teams Games TournamentI) dalam meningkatkan keterampilan chest pass pada mata pelajaran penjaskes pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 kota Gorontalo Meningkat.
KATA KUNCI : TGT, Chest Pass, Permainan Bola Basket
Download berkas