Penulis / NIM
ARIYANTO MOHAMAD / 831412099
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak
ABSTRAK
Ariyanto Mohamad, 831 412 099. Pengaruh Strategi Pembelajaran Ekspositori Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Lari Jarak Pendek Pada Siswa Kelas VII2 SMP Negeri 1 Telaga. Pembimbing I: Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd,M.Pd, Pembimbing II: Zulkifli Lamusu, S.Pd, M.Pd. 2017
Masalah dalam penelitian ini yaitu siswa kurang mampu melakukan gerak dasar lari jarak pendek dengan baik dan benar. Cara pemecahan masalah, dengan penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran ekspositori terhadap keterampilan gerak dasar lari jarak pendek pada siswa kelas VII2 SMP Negeri 1 Telaga. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan strategi pebelajaran ekspositori pada siswa kelas VII2 SMP Negeri 1 Telaga. Hasil penelitian ini terbukti signifikan, dimana terjadi peningkatan kemampuan siswa kelas VII2 dalam melakukan teknik dasar lari jaak pendek setelah diberi tindakan dengan penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam pembelajaran teknik dasar lari jarak pendek sebanyak 16 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan teknik dasar lari jarak pendek meningkat setelah diberi tindakan dan mencapai hasil sesuai yang diharapkan yakni, hasil pre-test menunjukkan skor tertinggi 58.33 dan skor yang terendah 50. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 54.51 dan nilai standar deviasi 4.24 dan varians 17.97. Sedangkan pada hasil penelitian post-test menunjukkan skor tertinggi 75 dan skor terendah 66.67. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 69.79 dan standar deviasi 4.12 serta varians 16.97. Hal ini menunjukkan bahwa responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini memperoleh peningkatan hasil rata-rata dari tes awal sampai tes akhir dengan selisih peningkatan dari hasil Pre-test dan post-test sebesar 15.28. pengujian hasil pre-test dan post-test menunjukan harga thitung sebesar 23,57. Sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga tdaftar atau t(0,099(23) =2,81 ternyata harga thitung telah berada didalam daerah penerimaan HA. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa HA diterima dan tidak dapat menerima H0. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat disimpulkan dalam penelitian eksperimen semu ini jika model pembeajaran ekspositori diterapkan dalam pembelajaran penjaskes khususnya materi lari jarak pendek pada siswa kelas VII2 SMP Negeri 1 Telaga dapat meningkat.
Kata Kunci : lari jarak pendek, dan strategi Pembelajaran Ekspositori
Download berkas