Penulis / NIM
RUSLAN S. NGENTU / 831412103
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Abstrak
ABSTRAK
Ruslan S. Ngentu / 831412103 Meningkatkan Keterampilan Lari Jarak Pendek Melalui Model Pembelajaran Direct Instruction Pada Siswa Kelas VII 5 SMP Negeri 1 Telaga. Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd selaku Pembimbing I dan Drs. Sarjan Mile, Ms. Selaku Pembimbing II.
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran lari jarak pendek. Cara pemecahannya dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan keterampilan lari jarak pendek melalui Model Pembelajaran Direct Instruction Pada siswa kelas VII 5 SMP Negeri 1 Telaga, Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction dalam pembelajaran yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Telaga 2016/2017. Hasil penelitian ini terbukti signifikan, dimana terjadi peningkatan dengan presentase 100% melebihi indikator kinerja yang ditentukan 80% setelah dilakukan tindakan dalam 2 siklus dari jumlah keseluruhan siswa yang dikenai tindakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan siswa dalam melakukan lari jarak pendek meningkat setelah diberikan tindakan dan mencapai hasil sesuai dengan apa yang diharapkan yakni rata-rata nilai 56,94% pada observasi awal, siklus 1 meningkat sebesar 13,54% menjadi 70,84% dan siklus 2 meingkat sebesar 11,11% menjadi 81,59%. Dengan demikian maka penelitian dianggap selesai. Berdasarkan data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa: Melalui Model Pembelajaran Direct Instruction keterampilan Lari Jarak Pendek siswa kelas VII 5 SMP Negeri 1 Telaga meningkat dan dapat diterima.
Kata Kunci: Lari Jarak Pendek, Direct Instruction, Siswa Kelas VII 5 SMP Negeri 1 Telaga.
Download berkas