SKRIPSI

Penulis / NIM
SUKRIYANTO USU / 831412115
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. HARIADI SAID, M.Si / 0016036104
Pembimbing 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstrak
INTISARI SUKRIYANTO USU. Nim 831412115. Meningkatkan kemampuan pukulan forehand drive dalam permainan tenis meja melalui model pendekatan pembelajaran explicit instruction pada siswa kelas VIII3 SMP N 1 Tilongkabila. Skripsi. Prodi S1 Penjaskesrek. Jurusan Pendidikan Keolahragaan. Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Prof. Dr. H. Hariadi Said, M.S, dan Pembimbing II, Mirdayani Pauweni, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian tindakan kelas adalah rendahnya kemampuan siswa dalam melakukan pukulan forehand drive. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan pukulan forehand drive dalam permainan tenis meja melalui model pendekatan pembelajaran explicit instruction pada siswa kelas VIII3 SMP N 1 Tilongkabila. Hipotesis tindakan yaitu jika melalui model pendekatan pembelajaran explicit instruction maka kemampuan pukulan forehand drive dalam permainan tenis meja kelas VIII3 SMP N 1 Tilongkabila dapat meningkat. Indikator kinerja apabila kemampuan siswa kelas VIII3 SMP N 1 Tilongkabila pada pukulan forehand drive dalam permainan tenis meja melalui model pendekatan pembelajaran explicit instruction dapat meningkat Minimal 78% maka penelitian dinyatakan selesai. Kesimpulan dalam penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP N I Tilongkabila dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII3 dengan jumlah siswa 26 orang, yang terdiri 15 laki-laki dan 11 perempuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa, serta evaluasi terhadap materi yang diajarkan pada setiap siklus kemudian dianalisis secara kuantitatif, berdasarkan analisis data diketahui terjadi peningkatan yang signifikan rata rata kemampuan pukulan forehand drive siswa yakni pada observasi awal 51.07% setelah di adakan tindakan siklus I terjadi peningkatan 19.02% menjadi 70.09% dan pada siklus II terjadi peningkatan 11.21% menjadi 81.30%. Dengan demikian maka penelitian dinyatakan selesai karena telah mencapai indikator kinerja yaitu 78%. Jadi hipotesis yang dinyatakan, jika melalui model pendekatan pembelajaran explicit instruction maka kemampuan pukulan forehand drive dalam permainan tenis meja kelas VIII3 SMP N 1 Tilongkabila dapat meningkat, dan diterima. Kata Kunci: Pukulan Forehand Drive, Model Pendekatan Pembelajaran Explicit Instruction
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011