Penulis / NIM
PRANS A ISMAIL / 831412122
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. NURHAYATI LIPUTO, M.Pd / 0002095703
Pembimbing 2 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya keaktifan dan gerak dasar lompat dalam pembelajaran lompat jauh, teridentifikasi masalah yang ada, Sebagain besar siswa belum bisa melakukan gerakan lombat jauh gaya jongkok dengan benar, hal ini dikarenakan model atau pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak sesuai dengan karakteristik siswa, sehingga siswa tidak dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan benar. Rumusan masalah penelitian ini adalah "Apakah Dengan Melalui Pendekatan Modifikasi Media Pembelajaran dapat Meningkatkan keterampilan siswa kelas VIII SMP N 7 Telaga Biru pada materi gerak lompat jauh gaya jongkok" Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran pendidikan jasmani materi pokok lompat jauh dengan melalui pendekatan modifikasi media pembelajaran pada siswa kelas VIII SMP N 7 Telaga Biru. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua siklus dan dalam setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.Subjek penelitian adalah siswa SMP N 7 Telaga Biru sebanyak 25 siswa. Data ini di ambil sebelum proses pembelajaran, pada saat proses pembelajaran dan sesudah pembelajaran oleh peneliti. Penelitian ini di analisis dngan menggunakan teknik diskriptif kuantitatif presentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan, bahwa ada peningkatan hasil minat pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dengan pendekatan modifikasi media pembelajaran, selain itu menggunakan modifikasi alat bantu (Kardus) pada siswa SMP N 7 Telaga Biru. Suasana kelas ditunjukkan dengan keaktifan hasil dari siklus I sampai siklus II 100% anak dengan kategori baik (B) dan untuk perkembangan gerak dasar lompat jauh awalan 95% anak dalam kategori baik (B), 5% anak dalam kategori cukup, Tolakan 95% anak dalam kategori baik (B), 5% anak dalam kategori cukup (C), Sedangkan untuk mendarat 89 % anak katergori baik (B), 11% anak dalam kategori cukup (C). Target minimal tetuntasan 85%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dengan modifikasi alat bantu dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran lompat jauh dapat meningkat.
Kata Kunci : Lompat Jauh Gaya Jongkok, Melalui Pendekatan Modifikasi Media Pembelajaran
Download berkas