Penulis / NIM
DAHNAN SIMBALA / 831412123
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. NURHAYATI LIPUTO, M.Pd / 0002095703
Pembimbing 2 / NIDN
Dr MEYKE PARENGKUAN, M.Pd / 0003047906
Abstrak
ABSTRAK
DAHNAN SIMBALA. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Atas Permainan Bolavoli (Penelitian Tindakan Kelas Siswa/i Kelas VIID SMP Negeri 1 Suwawa).
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya peralatan pembelajaran terutama bola, guru belum menerapkan model pembelajran yang sudah berkembang pada saat ini, kurangnya keterampilan passing atas permainan bolavoli siswa/i kelas VII D SMP Negeri 1 Suwawa dikarenakan penerapan model pembelajaran yang belum tepat. Cara pemecahan masalah adalah dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT).
Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peran dari model pembelajaran Teams Games Tournamet (TGT) dalam meningkatkan keterampilan passing atas permainan bolavoli siswa/i kelas VII D SMP Negeri 1 Suwawa. Hipotesis penelitian ini adalah: jika menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam pembejaran passing atas, maka keterampilan passing atas permainan bolavoli siswa/i SMP Negeri 1 Suwawa akan meningkat. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah: apabila keterampilan passing atas permainan bolavoli siswa/i kelas VII D SMP Negeri 1 Suwawa dapat meningkat dengan nilai rata-rata keseluruhan siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 80 dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) maka penelitian tindakan kelas ini dianggap selesai dan berhasil.
Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi siswa serta evaluasi atas materi yang diajarkan setiap siklus. Kemudian data tersebut di analisis untuk mengetahui peningkatan yang terjadi. Berdasarkan analisis data dapat diketahui terjadinya peningkatan rata-rata keterampilan siswa melakukan passing atas yakni: pada observasi awal nilai rata-rata keseluruhan siswa melakukan Passing Atas sebesar 58,57. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 12,86 menjadi 71,43. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 10,47 mejadi 81,90. Secara keseluruhan, peningkatan dari observasi awal hingga hasil dari evaluasi siklus II adalah sebesar 23,33. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hipotesis yang telah diajukan dapat diterima karena teruji kebenarannya.
Katakunci: Keterampilan Passing Atas permainan bolavoli, Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT).
Download berkas