Penulis / NIM
AROMAN R. DALANGGO / 831412129
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
Aroman R. Dalanggo, 831 412 129. Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Intruction Terhadap Hasil Belajar Guling Depan Pada Senam Lantai Pada Siswa Kelas VII2 SMP Negeri 1 Telaga. Pembimbing I Drs. Ahmad Lamusu S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Suriyadi Datau, S.Pd, M.Pd. 2016.
Masalahan dalam penelitian eksperimen semu ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam melakukan guling depan serta kurang optimalnya proses pembelajaran dan pemahaman siswa dalam melakukan guling depan dalam olahraga senam lantai. Tujuan dalam penelitian ini "untuk dapat mengetahui pengaruh model pembelajaran Explicit Intruction terhadap kemampuan siswa melakukan guling depan dalam senam lantai siswa kelas VII 2 SMP Negeri 1 Telaga. Hipotesis tindakan melalui metode pendekatan pembelajaran explicit instruction maka kemampuan guling depan dalam olahraga senam lantai pada siswa kelas VII2 SMP Negeri 1 Telaga dapat meningkat. Kesimpulan dalam penelitian ini yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Telaga. Khususnya siswa kelas VII 2 yang berjumlah 21 orang, yang terdiri 8 laki-laki dan 13 perempuan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one grup pretest posttest design, Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar format penilain. pengujian analisis data menggunakan uji-t. Dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil analisis data diperoleh nilai thitung = 19.992. Sedangkan kriteria pengujian pada taraf signifikan =0,05 dari daftar t diperoleh ttabel sebesar ttabel 1.725 Oleh karena thitung lebih besar dari pada ttabel dan thitung berada pada daerah penerimaan Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan tidak dapat menerima Ho. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Explicit Intriction terhadap pembelajaran siswa dalam melakukan guling depan pada senam lantai.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Explicit Intruction Siswa Dalam Melakukan Guling Depan Pada Senam Lantai.
Download berkas