Penulis / NIM
ADY SUKARDI HINDARI KASUSI DILAPANGA / 831412133
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
Adi Sukardi H. K. Dilapanga / 831 412 133 Upaya Meningkatkan Keterampilan Servis Atas Pada Permainan Bolavoli Melalui Model Pembelajaraan Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kabila.
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya keterampilan dasar melakuakn servis atas pada siswa kelas XII IPS 3 SMA Negeri 1 Kabila. Untuk memecahkan masalah tersebut digunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT di lakukan dengan cara guru menjelaskan,mempraktekan, dan mengatur siswa kedalam kelompok untuk berkerja sama atau saling membantu mempelajari cara teknik dasar melakukan servis atas, tahap persiapan,tahap pelaksanaan,akhir gerakan dan memberikan tes praktek games. Kemudian penghargaan kelompok untuk masing-masing kelompok.
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan dasar melakukan servis atas dengan mengunakan model pembelajaraan teams games tournament pada siswa SMA Negeri 1 Kabila. Hipotesis tindakan yakni jika menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT maka keterampilan dasar servis atas dalam permainan bola voli pada siswa kelas XII IPS 3 akan meningkat. indikator kinerja jika rata-rata terjadi peningkatan passing bawah dalam permainan bolavoli pada siswa kelas XI IPS 3 mencapai klasifikasi nilai sebesar 80% maka penelitian ini selesai serta dinyatakan berhasil.
Pengambilan data di lakukaan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi atas materi yang di ajarkan pada setiap siklus kemudian data analisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data diketahui terjadi peningkatan rata-rata kemampuan servis atas yakni; pada observasi awal rata-rata kemampuan siswa dalam melakukan servis atas sebesar 50,35%, setelah diadakan tindakan siklus satu terjadi peningkatan sebesar 17,01% menjadi 67,36% dan pada tindakan siklus dua diperoleh hasil capaian sebesar 80,55% atau terjadi peningkatan sebesar 13,19% dengan demikian rata-rata peningkatan dari obserfasi awal sampai pada siklus dua sebesar 30,2%, jadi hipotesis yang berbunyi menggunakan model pembelajaran teams games tournament maka keterampilan dasar servis atas dalam permainan bolavoli pada siswa kelas XI IPS 3 akan meningkat dapat diterima.
Jika model pembelajaran Teams Games Tournament dilakukan dalam penelitian ini maka keterampilan dasar melakukan servis atas meningkat.
Kata Kunci : Bolavoli, keterampilan dasar servis atas, dan model pembelajaran Teams Games Tournament.
Download berkas