Penulis / NIM
HAJRIN ABANTU / 831412140
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
Hajrin Abantu: 831 412 140. 2018. Meningkatkan keterampilan teknik dasar lari sprint 100 meter melalui model pembelajaran tipe student teams acchement divisions (STAD) Siswa Kelas VIII-3 SMP Negeri 1 Telaga. Skripsi, jurusan pendidikan jasmani olahraga rekreasi, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I ibu Risna Podungge, S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing II bapak Suryadi Datau, S.Pd, M.Pd
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara ilmiah tentang keterampilan teknik dasar lari sprint 100 meter melalui model pembelajaran tipe student teams acchement divisions (STAD) Siswa Kelas VIII-3 SMP Negeri 1 Telaga. Hipotesis penelitian ini yaitu jika menggunakan model pembelajaran tipe STAD maka keterampilan tekhnik dasar lari sprint pada siswa SMP Negeri 1 Telaga dapat ditingkatkan..
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan observasi awal sebelum menggunakan model pembelajaran tipe student teams acchement divisions (STAD). lalu dilakukan pembelajaran dengan pendekatan bermain yang dilakukan pada siklus I dan siklus II yang berbentuk aplikasi teknik dasar lari sprint 100 meter sebanyak 3 kali pertemuan. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) dari observasi awal diperoleh Sikap Awal 61, tahap gerakan 49, Sikap Akhir 57 dengan nilai rata-rata keseluruhan 55. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran student teams acchement divisions (STAD). (2) dari evaluasi siklus I diperoleh tahap Sikap awal 75, tahap gerakan 65, sikap akhir gerakan 74 dengan nilai rata-rata keseluruhan 71. Kemudian dilakukan kembali model pembelajaran student teams acchement divisions (STAD) dengan variasi. (3) dari tes evaluasi siklus II diperoleh tahap sikap awal 83, tahap gerakan 78, sikap akhir gerakan 85 dengan nilai rata-rata keseluruhan 82. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran student teams acchement divisions (STAD) keterampilan siswa dalam melakukan teknik dasar lari sprint 100 meter pada siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 1 Telaga Kab. Gorontalo dapat ditingkatkan.
Dengan hasil analisis data tersebut maka hipotesis tindakan teruji kebenarannya yaitu : jika melalui model pembelajaran student teams acchement divisions (STAD) keterampilan siswa dalam melakukan teknik dasar lari sprint 100 dapat ditingkatkan.
Kata kunci : Model pembelajaran student teams acchement divisions (STAD), Lari Sprint 100 Meter.
Download berkas