SKRIPSI

Penulis / NIM
ARIANTO A. SALOLA / 831412146
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK Arianto A Salola. 2012. NIM 831412146."Meningkatkan Keterampilan Smash Pada Permainan Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Explicit Instruction Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Limboto. Program Studi S1 Penjaskesrek. Jurusan Pendidikan Keolahragaan. Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Risna Podungge,S.Pd,M.Pd. danPembimbing II. SuriyadiDatau, S.Pd.M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan keterampilan smash pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Limboto. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan smash melalui model pembelajaran Explicit Instruction. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui sejauh manasiswa dalam melakukan keterampilan smash pada permainan bola voli. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Limboto, dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiridari 12 orang putradan 12 orang putri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan format skala liker dengan melihat hipotesis dan indikator kinerja 75%. Dari keseluruhan siswa sudah menunjukan keterampilan hingga sudah mencapai kategori baik (76,69%). Berdasarkan hasil pengamatan pada observasi awal keterampilan siswa kurang yakni mencapai nilai rata-rata 49,74%. Sehingga dilakukan siklus I, setelahdiberikantindakan maka mengalami peningkatan yakni mencapai rata-rata 64,32%,akan tetapi pada siklus I ini belum juga mencapai target yang diharapkan yakni 75%. Sehingga dilanjutkan pada siklus II dengan memperbaiki dan menyempurnakan kembali proses pembelajaran maka pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata 79,69%. Hal ini mencapai target yang diharapkan sesuai indikator kinerja 75% sehingga penelitian dinyatakan tuntas. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui model pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan keterampilan smash pada permainan bola voli, dengan diberikan tindakan penelitian ini berhasil. Kata Kunci: Keterampilan smash, Model pembelajaran Explicit Instruction
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011