Penulis / NIM
ZUKRIANTO DAMA / 831412148
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
Dama, Zukrianto. 831412148. 2017. Meningkatkan Kemampuan Teknik Dasar Passing Bawah Dalam Permainan Bola voli Melalui Model Pembelajaran Explicit Instruction Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Tilamuta. Skripsi, program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I BapakDrs. Sarjan Mile, M.SdanPembimbing II BapakSuriyadiDatau, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : "Apakah dengan menggunakan model pembelajaran explitic instruction akan meningkatkan kemampuan teknik dasar passing bawah permainan bola volidikelas VII SMP Negeri 3 Tilamuta? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan teknik dasar passing bawahpermainan bola voli melalui model pembelajaran explicit instructiondi kelas VII SMP Negeri 3 Tilamuta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaranexplicit instruction.
Berdasarkan hasil analisis data pada observasi, siklus I dan siklus II pemberian tindakan dalam penelitian tindakan kelas ini menunjukkan keberhasilan melalui peningkatan kemampuan siswa kelas VII dalam melakukan teknik dasar servis bawah, sebagai berikut :Aspek (a) sikap tubuh berdiri kangkang dengan lutut sedikit ditekuk pada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai 1.62, siklus I mencapai 2.77 dan siklus II mencapai 3.38.Aspek (b) kedua tangan lurus ke depan dengan jari-jari tangan dikaitkan pada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai1.62, siklus I mencapai 2.69, dan siklus II mencapai3.31.Aspek (c) pada waktu bola dipantulkan dengan lengan diikuti tubuh diangkat ke atas pada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai1.77, siklus I mencapai 2.69, dan siklus II mencapai 3.23.Aspek (d) pandangan mata mengikuti jalannya bolapada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai 2.15, siklus i mencapai 2.85, dan siklus II mencapai 3.23.
Memperhatikan peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa berarti hipotesis yang di rumuskan yaitu jika model pembelajaranexplicit instruction diterapkan, maka teknik dasar passing bawah dalampermainan bolavoli pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tilamutaakan meningkat (terbukti kebenarannya). Jadi penelitian tindakan kelas (PTK) ini dapat dikatakan telah berhasil.
Kata Kunci : Passing Bawah, Permainan Bola Voli, Model Pembelajaran Explicit Instruction
Download berkas