Penulis / NIM
OSAN Y. RAJAK / 831412150
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Abstrak
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : "Apakah penggunaan model pembelajaran cooperative type jigsaw dapat meningkatkan kemampuan teknik dasar pukulan forehand? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuanteknikpukulan forehanddalam permainan tenis meja melalui model pembelajaran cooperative type jigsawdi kelas VII BSMP Negeri1Suwawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran cooperative type jigsaw.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang dilakukan oleh peneliti, telah terjadi peningkatan pada keterampilan pukulan forehand dalam permainan tenis meja dengan menggunakan model pembelajaran cooperatif type jigsaw sebagaimana telah dipaparkan, dengan kesimpulan penelitian adalah berdasarkan kelemahan-kelemahan yang terjadi pada keterampilan pukulan forehand dalam permainan tenis meja yang dilakukan oleh siswa SMP Negeri 1 Suwawa dari observasi awal hingga pada pelaksanaan siklus I dan II akhirnya penelitian ini berhasil mencapai indikator nilai yang ditetapkan dan telah meningkatkan keterampilan pukulan forehand dalam permainan tenis meja pada siswa SMP Negeri 1 Suwawa. Hal ini dapat dilihat dari perolehan capaian keberhasilan siswa yaitu dengan nilai rata-rata 80,28 pada pelaksanaan siklus II. Artinya nilai siswa telah melebihi indikator nilai yang ditentukan yaitu 80% siswa memperoleh nilai minimal 80 - 100.
Sehingga dengan demikian hipotesis yang berbunyi "Jika diterapkan model pembelajaran cooperative type jigsawmaka kemampuan pukulan forehand siswa kelas VII BSMP Negeri 1 Suwawa akan meningkat. dapat terbukti.
Kata Kunci : Pukulan Forehand, Permainan Tenis Meja, Model PembelajaranCooperative Type Jigsaw
Abstract
The research problem is formulated as follows: "Is the use model of cooperative learning type jigsaw can improve basic techniques forehand?" The purpose of this research is to improve the technical capability forehand in the game of table tennis through the model of cooperative learning type jigsaw in class VII B SMP Negeri 1 Suwawa. The method used in this study the action research by applying cooperative learning model type jigsaw.
Based on the results of classroom action research (CAR) conducted by researchers, there has been an increase in the skills forehand in the game of table tennis by using model cooperatif type jigsaw as has been described, with the conclusion of the study is based on the weaknesses that occur on skills forehand in table tennis game performed by students of SMP Negeri 1 Suwawa initial observation up on the implementation of cycle I and II of this study finally managed to reach the indicators set value and have improved skills forehand in the game of table tennis at students of SMP Negeri 1 Suwawa. It can be seen from the acquisition of the achievements of student success that the average value of 80,28 on the implementation of the second cycle. This means that students value has exceeded the specified value indicator is 80% of students obtaining a minimum value of 80 - 100.
Thus the hypothesis which says "If implemented cooperative learning model type jigsaw then the ability forehand class VII B SMP Negeri 1 Suwawa will increase". can be proven.
Keywords : Punch Forehand, Game Table Tennis, Cooperative Learning Model Type Jigsaw
Download berkas