Penulis / NIM
ANISSA SALSADILA PUTRI TOBUHU / 831412157
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Abstrak
ABSTRAK
Anissa S.P Tobuhu, 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achiement Divisions (STAD) Terhadap Teknik Dasar Lompat Jauh Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri I Telaga. Pembimbing I Drs. Ahmad Lamusu, M.Pd, Pembimbing II Risna Podungge, S.Pd, M.Pd. Jurusan Pendidikan Keolahragaan. Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Universitas Negeri Gorontalo.
Penelitian ini dilakukan untuk meneliti pengaruh penggunaan metode belajar tipe STAD terhadap peningkatan penguasaan teknik dasar lompat jauh peningkatan pada siswa Kelas VII di SMP Negeri I Telaga. Adapun jumlah sampel sebanyak 22 orang selama 2 bulan dengan volume latihan 4 kali dalam seminggu dan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre test and post test design.
Setelah dilakukan analisis data statistic penelitian baik uji normalitas maupun homogenitas datanya normal dan berasal dari populasi yang homogeny. selanjutnya hasil penelitian uji t diperoleh harga thitung untuk Variabel Y adalah 18.33 dan hasil tdaftar 1.729 dengan kriteria pengujian Terima H0, jika : £--t£-_((1-12 ) )tt_((1-12 ) ) dengan taraf nyata = 0,05 dan dk = n_1+ n_2-2. Jadi, H0 ditolak dan Ha di terima karena 18.33 berada pada daerah penerimaan Ha.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achiement Divisions (STAD) memberikan pengaruh terhadap kemampuan teknik dasar lompat jauh pada siswa kelas VII SMP Negeri I Telaga.
Kata Kunci : Metode belajar tipe STAD, Teknik dasar lompat jauh
Download berkas