SKRIPSI

Penulis / NIM
NOLDI MARALI / 831412174
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak
Abstrak Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam melakukan teknik dasar lompat jauh. Cara pemecahannya dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan teknik dasar lompat jauh melalui model pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw pada siswa kelas VIII1 SMP Negeri 1 Kabila Bone. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw dalam pembelajaran yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kabila Bone. Hasil penelitian terbukti signifikan, dimana terjadi peningkatan dengan presentase 100% melebihi indikator kinerja yang ditentukan 70% setelah dilakukan tindakan dalam 2 siklus dari jumlah keseluruhan siswa yang dikenai tindakan. Dari data yang diperoleh melalui observasi awal diperoleh hasil rata-rata keseluruhan siswa sebesar 36,36%, setelah diberi tindakan pada siklus 1 terjadi peningkatan sebesar 20.47% sehingga rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus ini sebesar 56,83%, namun pencapaian siswa pada siklus ini belum mencapai indikator, oleh karena itu perlu diberi tindakan lanjutan pada siklus 2, setelah diberi tindakan pada siklus 2 terjadi peningkatan sebesar 16,74% sehingga rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus ini sebesar 73,57%. Melihat hasil perolehan siswa pada siklus ini maka dapat dinyatakan bahwa penelitian ini telah mencapai indikator sehingganya penelitian ini dinyatakan selesai dan berhasil. Berdasarkan uraian tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa jika menggunakan model pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw, maka teknik dasar lompat jauh pada siswa kelas VIII1 SMP Negeri 1 Kabila Bone dapat meningkat. Kata Kunci : Lompat Jauh, Pembelajaran Cooperative Tipe Jigsaw.. Abstract The problem in this research is the lack of students' abilities to perform basic techniques long jump. Of the solution is done by using model Jigsaw Cooperative mode in the learning process. The purpose of this research is to improve the basic techniques long jump through cooperative learning model type VIII1 Jigsaw grade students of SMP Negeri 1 Kabila Bone. This classroom action research conducted using Cooperative learning model Jigsaw type of learning held in SMP Negeri 1 Kabila Bone. The results of the study proved significant, where an increase in the percentage of 100% exceeds the specified performance indicators 70% after the action in the second cycle of the total number of students who are subject to the action. From the data obtained through the initial observation result overall average of students amounted to 36.36%, after being given the action in cycle 1 an increase of 20.47% to the average obtained by the students in this cycle of 56.83%, but the achievement of students in this cycle has not reached the indicator, therefore it should be given further action on cycle 2, after being given a second cycle of action on an increase of 16.74% to the average obtained by the students in this cycle of 73.57%. Seeing the results of the acquisition of the students in this cycle it can be stated that it had reached an indicator sehingganya this study was complete and successful. Based on the description above can be concluded that when using model Jigsaw Cooperative mode, the basic techniques long jump at VIII1 grade students of SMP Negeri 1 Kabila Bone can be increased. Keywords : Long Jump, Cooperative Learning Jigsaw mode
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011