Penulis / NIM
HERSON TANUA / 831412200
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
Dr MEYKE PARENGKUAN, M.Pd / 0003047906
Abstrak
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar tendangan sabit pada pencak silat pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Sabrun Jamil Bone bolango. Untuk itu mencegah masalah tersebut maka digunakan metode drill dengan cara guru menjelaskan, memberikan contoh dan siswa melakukan secara berulang-ulang dengan memperhatikan 3 aspek penilaian yakni (1) sikap awal, (2) sikap pasang (3) bentuk tendangan sabit.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tendangan sabit pada pencak silat melalui metode pembelajaran drill pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Sabrun Jamil Bone bolango.
Pengambilan data dengan menggunakan lembar pengamatan siswa dan guru serta evaluasi atas materi yang akan diajarkan pada setiap siklus kemudian data analisa baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisa data diketahui terjadi peningkatan hasil belajar tendangan sabit pada pencak silat, pada observasi awal rata-rata kemampuan siswa sebesar 57.483. Setelah diadakan tindakan siklus I menjadi 66.049. Namun dalam siklus I ini belum ada siswa yang memenuhi indikator kinerja. Untuk itu diadakan siklus II, Pada tindakan siklus II ini terjadi peningkatan sebasar 74.216. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada siklus II belum ada siswa yang memenuhi indikator kinerja. Maka diadakan lagi tindakan siklus III dan memperoleh hasil peningkatan capaian sebesar 81.983. dengan demikian klasifikasi nilai sudah memenuhi indikator kinerja yakni sebesar 80%.
Jika guru menerapkan metode pembelajaran drill, maka hasil belajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah Sabrun Jamil Bone bolango, Kabupaten Bone Bolango dalam melakukan tendangan sabit pada pencak silat akan meningkatâ.
Kata Kunci : Tendangan Sabit , Pencak Silat , Dan Metode Drill.
Download berkas