Penulis / NIM
ALIMIN R. ABAS / 831412216
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. HARIADI SAID, M.Si / 0016036104
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
Alimin R. Abas. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Peningkatan Teknik Dasar Tendangan Sabit Dalam Olahraga Pencak Silat Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. H. Hariadi Said, M.S, dan Pembimbing II Suriyadi Datau, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : apakah terdapat pengaruh model pembelajaran explicit instruction terhadap peningkatan teknik dasar tendangan sabit dalam olahraga pencak silat pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Gorontalo ? Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keterampilan dasar tendangan sabit dalam olahraga pencak silat melalui model pembelajaran explicit intructionpada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Gorontalo.Hipotesis dalam penelitian ini adalah "terdapat pengaruh model pembelajaran explicit instruction terhadap peningkatan teknik dasar tendangan sabit dalam olahraga pencak silat pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Gorontalo..
Melaluimodel pembelajaran explicit intructionterbuktimempengaruhiteknik dasartendangan sabitdalam Pencak Silat. Hal inididasarkanpadahasilpenelitian yang telahdilakukandan memperoleh data sebagaiberikut ;berdasarkan hasil eksperimen yang telah dianalisis dengan pengujian statistik terdapat peningkatan rata-rata pengaruh model pembelajaran explicit instruction terhadap teknik dasar tendangan sabit dalam pencak silat pada siswa yaitu, sebelum diberikan pembajaran adalah 3.050 dan sesudah diberikan pembelajaran rata-ratanya 4.310. Dengan demikian peneliti berasumsi bahwa penerapan pembelajaran explicit instructionmemberikan pengaruh terhadap teknik dasar tendangan sabit dalam pencak silat pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Gorontalo.
Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung = -18.472 lebih besar dari nilai ttabel pada alfa = 0,05; dk n-1 (20-1 = 19) diperolleh harga ttabel = 1,729. Dengan demikian thitunglebih besar dari pada ttabel, kriteria pengujian mengatakan bahwa tolak Ho jika thitung (th) > (tt), oleh karena itu hipotesis alternative Ha dapat diterima atau terdapat pengaruh pembelajaran explicite instruction terhadap teknik dasar tendangan sabit dalam pencak silat.
Sehingga hipotesis Ho menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh pembelajaran explicite instruction terhadap teknik dasar tendangan sabit dalam pencak silat ditolak dan menerima hipotesis Hi yang menyatakan; diterima atau terdapat pengaruh pembelajaran explicit instruction terhadap teknik dasar tendangan sabit dalam pencak silat.
Kata Kunci : Explixit Instruction,Tendangan Sabit,Pencak Silat.
Download berkas