Penulis / NIM
IKHSAN BABAY / 831412218
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak
ABSTRAK
Ikhsan Babay, Nim 831 412 218 âPengaruh model pembelajaran explicit instruction terhadap keterampilan roll depan pada siswa kelas V SDN 03 Suwawa Selatanâ. Program Studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas olahraga dan kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo dibawah bimbingan Risna Podungge, S.Pd, M.Pd, dan Zulkifli A. Lamusu, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada Pengaruh model pembelajaran explicit instruction terhadap keterampilan roll depan pada siswa kelas V SDN 03 Suwawa Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pegaruh model pembelajaran explicit instruction terhadap keterampilan roll depan pada siswa kelas V SDN 03 Suwawa Selatan. Hipotesis dalam penelitian ini yakni âAda Pengaruh model pembeajaran explicit instruction terhadap keterampilan roll depan pada siswa kelas V SDN 03 Suwawa Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian eksperimen. Dengan desain terdiri atas 2 variabel penelitian yaitu Variabel X (model pembelajaran explicit instruction) dengan Variabel Y (keterampilan roll depan), dengan prosedur penelitian âPre Test (Xâ),Treatmen (T), dan Post Test (Xâ).Populasi dalam penelitian adalah seluruh Siswa kelas V SDN 03 Suwawa Selatan yang berjumlah 24 siswa. Adapun sampel dalam penelitian yang ditetapkan adalah keseluruhan dari populasi sebanyak 24 siswa KelasSDN 03 Suwawa Selatan yang diambil secara Total Sampling.Uji statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah Uji t, dan Dari hasil pengujian hasil pre-test dan post-test menunjukkan harga thitung sebesar 16.02. Sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga tdaftar atau t(0,995(23) = 2.81. Ternyata harga thitung telah berada di dalam daerah penerimaan HA. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa HA diterima dan tidak dapat menerima Ho. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran explicit instruction dapat meningkatkan keterampilan roll Siswa kelas V SDN 03 Suwawa Selatan.
Kata Kunci : Model pembelajaran explicit instruction, Keterampilan Roll Depan
Download berkas