Penulis / NIM
BUDI SETIAWAN KAMALI / 831412240
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model Pembelajaran problem solving Terhadap Keterampilan Roll Depan Pada Senam Lantai di kelas X SMA Negeri 4 Gorontalo. Hipotesis dalam penelitian ini yakni âTerdapat Pengaruh model Pembelajaran problem solving Terhadap Keterampilan Roll Depan Pada Senam Lantai di kelas X SMA Negeri 4 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian eksperimen. Dengan desain terdiri atas 2 variabel penelitian yaitu Variabel X (model pembelajaran Problem Solving) dengan Variabel Y (Keterampilan roll depan), dengan prosedur penelitian âPre Test (Xâ), Treatmen (T), dan Post Test (Xâ).Adapun sampel dalam penelitian yang ditetapkan adalah keseluruhan dari populasi sebanyak 20 siswa Kelas X SMA Negeri 4 Gorontaloyang diambil secara Purfosive Sampling.Uji statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian ini adalah Uji t, dan Dari hasil pengujian hasil pre-test dan post-test menunjukkan harga thitung sebesar 24.02. Sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga tdaftar atau t(0,995(19) = 2.86. Ternyata harga thitung telah berada di dalam daerah penerimaan HA. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa HA diterima dan tidak dapat menerima Ho. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Solvingdapat meningkatkan Keterampilan Roll Depan Pada Senam Lantai di kelas X SMA Negeri 4 Gorontalo.
Kata Kunci :Model Pembelajaran Problem Solving, Keterampilan Roll Depan
Download berkas