Penulis / NIM
YUDIN MOHA / 831412254
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. HARIADI SAID, M.Si / 0016036104
Pembimbing 2 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Abstrak
ABSTRAK
Yudin Moha, 831412254, 2017. âEfektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Keterampilan Pukulan Push Forehand Dalam Permainan Tenis Meja (Study Eksperiment Pada Siswa Kelas XI-MIA3 SMA Negeri 1 Kabila )â. Di bawah bimbingan Prof. Dr. H. Hariadi Said, M.S selaku pembimbing I dan Ruslan S.Pd, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kabila, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran cooperative type Jigsaw terhadap peningkatan keterampilan pukulan Push forehand pada olahraga tenis meja pada siswa kelas XI-MIA_3 SMA Negeri 1 Kabila. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 18 kali pertemuan. Obyek penelitian kelas XI-MIA_3 dengan jumlah siswa 20.
Berdasarkan hasil penelitian pre-test menunjukkan skor tertinggi 23 dan skor yang terendah 10 . Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 306 dan nilai standar deviasi 3,41 dan varians 11,69. Sedangkan pada hasil penelitian post-test menunjukkan skor tertinggi 32 dan skor terendah 14. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 427 dan standar deviasi 3,95 serta varians 15,63. Sedangkan pengujian hasil pre-test dan post-test menunjukkan harga thitung sebesar 21.73. Sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga ttabel 1,729. Ternyata harga thitung lebih besar dari ttabel. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran cooperative type Jigsaw memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap Keterampilan Pukulan Push forehand dalam permainan teni meja pada siswa kelas XI-MIA_3 SMA Negeri 1 Kabila.
Kata Kunci : Push Forehand, Model Pembelajaran Jigsaw
Download berkas