Penulis / NIM
MELKI IWAN / 831412268
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
ROSBIN PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0023038504
Abstrak
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar chest pass permainan bola basket di SMP Negeri 13 Kota Gorontalo. Cara pemecahan masalah dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar chest pass permainan bola basket. Peningkatan hasil belajar siswa akan dikatakan meningkat jika presentase rata-rata jumlah peserta didk dapat ditingkatkan minimal 80%. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis presentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dengan dua siklus ini indicator kinerja yang telah dirumuskan tercapai dengan baik.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar chest pass permainan bola basket melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan perolehan hasil belajar observasi awal 54,80, pada siklus I mengalami peningkatan hasil belajar 74,03, kemudian peneliti melanjutkan pada siiklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 85,57. Maka penelitian dinyatakan selesai.
Dari hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, hasil belajar chest pass permainan bola basket pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Kota Gorontalo dapat meningkat . Terbukti dari siklus ke siklus hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan.
Kata Kunci : Chest Pass, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Download berkas