Penulis / NIM
PARIDA V. GOBEL / 831412269
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak
PARIDA VAN.GOBEL / NIM 831412269 "Pengaruh model pembelajaran Type Mkae A Match Terhadap Hasil Belajar Passing Dalam Permainan Bola Basket Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Gorontalo". Skripsi Program Studi S1 Penjaskesrek, Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Olharga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Dr. Hj. Aisah R. Pomatahu Dra., M.Kes Selaku Pembimbing 1 dan Zulkifli A. Lamusu S.Pd, M.Pd Selaku Pembimbing 11.
Masalah dalam penelitian ini adalah Siswa-siswa belum memahami teknik melakukan gerakan passing pada permainan bola basket. Cara pemecahannya dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Type Make A Match dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Type Make A Match terhadap peningkatan hasil belajar passing pada permainan bola basket siswa kelas VII SMP Negeri 8 Gorontalo. Dalam penelitian ini jumlah populasi 320 dan sampel berjumlah 25 orang pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Gorontalo.
Berdasarkan hasil penelitian pre-test menunjukkan skor tertinggi 72.58 dan skor yang terendah 50. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 63,06 dan nilai standar deviasi 5,1129 dan varians 26.1415. Sedangkan pada hasil penelitian post-test menunjukkan skor tertinggi 93 dan skor terendah 75. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 81,8 dan standar deviasi 4,5235 serta varians 20.4624. Hal ini menunjukkan bahwa responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini memperoleh peningkatan hasil rata-rata dari tes awal sampai tes akhir dengan selisih peningkatan dari hasil Pre-test dan post-test sebesar 18,74.
Dari hasil pengujian hasil pre-test dan post-test menunjukkan harga thitung sebesar 15.36. Sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga tdaftar = 0,05; n-1= 1.711. Ternyata harga thitung telah berada di dalam daerah penerimaan HA. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa HA diterima dan tidak dapat menerima Ho. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Type Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar Passing bola basket, Siswa Kelas VII-4 SMP Negeri 8 Gorontalo.
KATA KUNCI : Passing Pada Permainan Bola Basket, Metode Type Make A Match
Download berkas