Penulis / NIM
RION IBRAHIM / 831413014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
Rion Ibrahim, Nim 831 413 014, Skripsi Pengaruh Model Pembelajaran Discovery TerhadapKemampuanLariSambung Visual SiswaKelas VIII SMP Negeri2 Batudaa.Pembimbing I Dr. Hj. Aisah R. Pomatahu, Dra, M.Kesdan Pembimbing II SuriyadiDatau, S.Pd,M.Pd.
Adapun yang menjadi rumusan dalam penelitian ini yaituapakahterdapatpengaruh model pembelajarandiscoveryterhadapkemampuanlarisambung visual siswakelas VIII SMP Negeri 2 Batudaa.Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahuiseberapabesarpengaruh model pembelajarandiscoveryterhadapkemampuanlarisambung visual pada.Adapun subjek dalam penelitian adalah siswakelas VIII SMP Negeri2 Batudaa dengan jumlah siswa 15 orang.
Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test and post-test design. Sedangkan data dikumpulkan dengan menggunakan pre-test dan post-test.Instrumendalampenelitianiniadalahmengukurkemampuanlarisambungdengan 4 indikatorpenilaianyaitu start, caramemberikantongkatestafet, caramenerimasertamemasuki finis. Instrumeniniberdasarkanpetunjukdaritimahli. Kemudian data dianalisis denganmenggunakan statistik uji t.
Berdasarkan hasil pengujian dari variabel kemampuanlarisambung visual diperoleh nilai hitung atau thitung = 9,25dan tdaftar = 1,761. Ternyata harga thitungtelah berada di dalam daerah penerimaan HA. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa HA diterima dan tidak dapat menerima H0.Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuanlarisambung visual.
Kata Kunci: Larisambung visual, Model Pembelajaran, Discovery.
Download berkas