Penulis / NIM
HUSIN ISMAIL / 831413023
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Pembimbing 2 / NIDN
Drs ASWAN DAI / 0021026102
Abstrak
ABSTRAK
Husin Ismail. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Model Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Kabila. SKRIPSI. Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi Jurusan Pendidikan Olahraga Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr Aisah R. Pomatahhu, Dra, M.Kes dan Pembimbing II Drs. Aswan Dai, M.Pd.
Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan Lompat Jauh gaya Jongkok pada siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Kabila, masalah ini diecahkan melalui model pembelajaran problem solving. Berdasarkan hasil pengamatan pada observasi awal siswa belum mampu melakukan lompat jauh dengan rata-rata nilai 53.33% sehimgga dilanjutkan ke pada siklus I. Setelah diberi tindakan maka mengalami peningkatan mencapai rata-rata 69.33%. Akan tetapi pada siklus I ini belum juga mencapai target yang diharapkan yakni sebesar 80% sehingga dilanjutkan lagi ke siklus II. Dengan memperbaiki dan menyempurnakan kembali proses pembelajaran maka pada siklus II ini mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai 81.33%. Hal ini melebihi target yang diharapkan sehingga penelitian ini dinyatakan tuntas. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan kemampuan lompat jauh gaya jongkok siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Kabila dengan diberikan tindakan penelitian ini dan berhasil.
Kata Kunci : Lompat Jauh Gaya Jongkok, Model pembelajaran Problem Solving
Download berkas