Penulis / NIM
ERIK DATAU / 831413028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr MEYKE PARENGKUAN, M.Pd / 0003047906
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
Erick Datau 2019, Nim. 831413028." Meningkatkan Keterampilan Lompat Jauh Gaya Berjalan Di Udara Melalui Metode Drill Pada Siswa Kelas XI-IPS SMA Negeri 3 Gorontalo. Program studi S1 pendidikan keolahragaan. Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo.
Masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah apakah dengan penggunaan model pembelajaran drill dapat meningkatkan keterampilansiswa yang ada dikelas XI-IPS SMA Negeri 3 Gorontalo dalam melakukan lompat jauh khususnya gaya berjalan di udarayang ada pada mata pelajaran penjas. Berdasarkan uraian permasalahan yang ada maka secara umum diadakanya penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya berjalan di udara dengan menggunakanmodel pemelajaran drill siswa kelas XI-IPS SMA Negeri 3 Gorontalo Dapat ditingkatkan.
Penelitian ini merupakan suatu jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMA Negeri 3 Gorontalo khususnya siswa dikelas VIII3 dengan jumlah siswa 21 orang, yang terdiri dari 10 orang putra dan 11 orang putri .Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus dari masing-masing siklus diberikan tindakan sebanyak tiga kali dan satu kali evaluasi dengan indikator pencapaian 75%. Dari data yang diperoleh melalui observasi diperoleh hasil rata-rata keseluruhan siswa sebesar 52,53%sebelum dikenai tindakan, setelah diberi tindakan pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 10,07% sehingga rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus ini sebesar 62,60% setelah evaluasi dilakukan, namun pencapaian siswa pada siklus ini belum mencapai indikator, oleh karena itu perlu diberi tindakan lanjutan pada siklus II, setelah diberi tindakan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 14,38% sehingga rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus ini sebesar 76.98% setelah evaluasi dilakukan melihat hasil perolehan siswa pada siklus ini maka dapat dinyatakan bahwa penelitian ini telah mencapai indikator sehingganya penelitian ini dinyatakan selesai dan berhasil.
Berdasarkan uraian tersebut maka hipotesis tindakan dalam penelitian tindakan kelas ini maka hipotesis tindakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah jika model pembelajaran drill ini digunakandalam pembelajaran penjas khususnya tentang lompat jauh gaya berjalan di udara, maka keterampilan dasar siswa yang ada dikelas SMA Negeri 3 Gorontalo dalam melakukan lompat jauh dapat ditingkatkan.
Kata Kunci : Keterampilan Lompat Jauh Gaya Berjalan di udara, drill
Download berkas