Penulis / NIM
MOHAMAD QODRATULLAH HINELO / 831413068
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. NURHAYATI LIPUTO, M.Pd / 0002095703
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Abstrak
ABSTRAK
Mohamad Qodratullah Hinelo, 831413068, Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad dalam melakukan passing bawah permainan bolavoli pada siswa kelas VII SMP N8 Kota Gorontalo. Pembimbing 1. Dra. HJ. Nurhayati Liputo M.pd, Pembimbing II Drs. Sarjan Mile, M,S.
Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada Pengaruh Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam melakukan passing bawah permainan bolavoli pada siswa kelas VII SMP N 8 Kota Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain one group pre test pos test design dengan jumblah sampel 25 orang siswa terdiri dari putra dan putri.
Berdasarkan hasil pre test menunjukan skor tertinggi 11 dan skor terendah 2.setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 4,5 dan nilai standar deviasi 2.32,varians 6,33. Dan hasil pos test menunjukan skor tertinggi 15 dan skor terendah 5. Setelah dlakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 8,24 dan nilai standar deviasi 3.13,varians 9.85. Dari hasil pre test dan pos tes diperoleh peningkatan hasil rata-rata sebesar 3,44
Dari hasil pengujian hasil pre-test dan pos-test menunujukan harga t hitung sebesar 10,96. Sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga tdaftar = 2,80 ternyata harga t hitung telah berada didalam daerah penerimaan Ho. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperati tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan passing bawah,siswa kelas VIISMP N 8 Kota Gorontalo.
Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STADPasingBawah Permainan Bolavoli Pada Siswa Kelas VII SMP N 8 Kota Gorontalo.
Download berkas