Penulis / NIM
MOH. TAUFIK / 831413077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs ASWAN DAI / 0021026102
Pembimbing 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstrak
ABSTRAK
MOH.TAUFIK NIM 831 413 077 2018. âPengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Guling Depan Pada Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Limboto Barat â. (Studi eksperimen Pada Siswa Kelas XI Sma Negeri 1 Limboto Barat). Pendidikan Jasmani dan Rekreasi, Universitas Negeri Gorontalo. Skripsi dibawah bimbingan Drs. Aswan Dai. M.Pd selaku pembimbing I dan Mirdayani Pauweni,S.Pd,M.Pd. selaku pembimbing II.
Adapun yang menjadi permasalahan pada penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan Guling Depan pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Limboto Barat. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu untuk mencapai tujuan yang telah dirumuskan, maka pemberian perlakuan berdasarkan pada rancangan atau desain penelitian yakni One Group Pre-Test Post Test Design. Sampel dalam penelitian berjumlah 24 orang, yang terdiri dari 11 orang putra dan 13 orang putri. dengan selisih perolehan nilai pre-test 75 (skor tertinggi) dan 33.3 (skor terendah) diperoleh rata-rata 55.17, sedangkan post-test 83.3 (skor tertinggi) dan 50 (skor terendah) diperoleh rata-rata 73.6
Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t menghasilkan thitung sebesar 12.29. Sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga tdaftar atau t(0,995(23) = 2.81, dengan demikian thitung lebih besar dari pada tdaftar, sehingga hipotesis Ho yang menyatakan bahwa Tidak terdapat pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan guling depan pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Limboto Barat ditolak dan menerima hipotesis Ha yang menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan guling depan pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Limboto Barat.
.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Guling Depan
Download berkas