Penulis / NIM
MUHAMAD AGUS UMAR / 831413096
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
ROSBIN PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0023038504
Abstrak
ABSTRAK
Muhamad Agus Umar. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Dalam Permainan Bolavoli Melalui Metode DirectInstruction Pada Siswa Kelas VIISMPN 3 Limboto Barat. Skripsi, Program Studi Penjaskes-Rek, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Risna Podungge, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Rosbin Pakaya, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : Apakah dengan menggunakan metode direct instruction, hasil belajar passing bawah dalam permainan bolavoli pada siswa kelas VII D SMPN 3 Limboto Barat akan meningkat? Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah permainan bolavoli melalui metode direct instruction di kelas VII SMPN 3 Limboto Barat. Hipotesis penelitian ini adalah ..."Jika metode direct instruction diterapkan, maka hasil belajar passing bawah dalam permainan bolavoli pada siswa kelas VII D SMPN 3 Limboto Barat akan meningkat.
Berdasarkan hasil observasi awal hasil belajar passing bawah siswa diperoleh data sebagai berikut : 6 (22%) orang siswa berada dalam klasifikasi baik dengan perolehan nilai rata-rata 73, 15 (56%) orang siswa berada dalam klasifikasi cukup baik dengan nilai rata-rata 64,23, serta 6 (22%) orang siswa berada dalam klasifikasi kurang dengan nilai rata-rata 57,93.Pada siklus I, hasil belajar passing bawah siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Limboto Barat telah mengalami peningkatan yang cukup berarti yaitu 12 (82%) siswa berada dalam klasifikasi baik dengan nilai rata-rata 75,23, dan 5 (18%) orang siswa berada dalam klasifikasi cukup dengan nilai rata-rata 68,07.Pada siklus II ini hasil belajar passing bawah siswa mencapai kriteria keberhasilan. Dimana 27 (100%) orang siswa telah berada dalam klasifikasi baik dengan perolehan nilai rata-rata 76,51. Metode direct instruction sangat efektif digunakan dalam pembelajaran materi bolavoli khususnya untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan passing bawah, karena melalui metode ini siswa diajak untuk dapat menciptakan suasana kerja sama ( saling asah, asih, asuh).
Berdasarkan hasil capaian peningkatan hasil belajar passing bawah dalam penelitian ini maka dalam penelitian inii maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi ..."dengan menggunakan metode direct instruction maka kemampuan passing bawah siswa dalam permainan bolavoli di kelas VII SMP Negeri 3 Limboto Barat akan meningkat dapat diterima karena telah terbukti dan teruji kebenarannya.
Kata Kunci : Direct Instruction, Passing Bawah, Permainan Bolavoli.
Download berkas