SKRIPSI

Penulis / NIM
ISKANDAR RAUF / 831413143
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK Iskandar Rauf. 2020. Meningkatkan Keterampilan Servis Atas Permainan Bolavoli Melalui Model Pembelajaran ExplicitInstruction Pada Siswa Kelas VII MTS Al-Huda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Aisah R. Pomatahu, Dra., M.Kes, dan Pembimbing II Drs. Sarjan Mile, MS. Masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : apakah dengan menggunakan model pembelajaran explicit intruction dapat meningkatkan keterampilanservis atas siswa kelas kelas VII MTs. Al-Huda.? Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan teknik dasar servis atas melalui penggunaan model pembelajaran explicit instruction terhadap siswa kelas VII MTs. Al-Huda.Hipotesis tindakan adalah “jikamodel pembelajaran explicit instruction diterapkan maka keterampilan servis atasdalampermainan bolavoli pada siswa kelasVIIMTs. Al-Huda dapat ditingkatkan”. Berdasarkan hasil analisis data pada observasi, siklus I dan siklus II pemberian tindakan dalam penelitian tindakan kelas ini menunjukkan keberhasilan melalui peningkatan kemampuan siswa kelas VII dalam melakukan teknik dasar servis atas, sebagai berikut : aspek (A) Persiapan pada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai 55.8, siklus I mencapai 73.21 dan siklus II mencapai 80.58, aspek (B) Gerakan pada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai 57.59, siklus I mencapai 70.76, dan siklus II mencapai 79.91.Dan aspek (C) Akhir gerakan pada observasi data awal rata-rata kemampuan siswa mencapai 58.93, siklus I mencapai 75, dan siklus II mencapai 80.58. Memperhatikan peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa berarti hipotesis yang di rumuskan yaitu jika model pembelajaran explicit instruction diterapkan, maka teknik dasar servis atasdalampermainanBolavoli pada siswa kelas VII MTs. Al - Huda akan meningkat (terbukti kebenarannya).Jadi penelitian tindakan kelas (PTK) ini dapat dikatakan telah berhasil. Kata Kunci : Explicit Instruction,Servis Atas,Permainan Bola voli.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011