Penulis / NIM
RAFI KOMAR KATILI / 831413166
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Abstrak
ABSTRAK
Rafi Komar Katili. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Tipe STAD Terhadap Teknik Dasar Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli di SMP N 1 Suwawa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Sarjan Mile, M.S dan Pembimbing II Zulkifli. A Lamusu, S.Pd, M.Pd.
Passing bawah merupakan kemampuan yang sangat di perhatikan dalam permainan bola voli. Untuk melatihnya dilakukan berbagai model pembelajaran salah satunya model STAD. Siswa/i di sekolah sering mengalami kekeliruan dalam melakukan passing bawah karena kurangnya motivasi belajar tentang teknik dasar passing bawah. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model STAD terhadap teknik dasar passing bawah dalam permainan bola voli di SMP N 1 SUWAWA.
Desain penelitian ini menggunakan data kualitatif. Populasi berjumlah 120 responden yang merupakan Siswa/i kelas VIII. Sampel berjumlah 17 responden, dengan selisih perolehan nilai pre test 50( skor tertinggi) dan 25( skor terendah), sedangkan post test 83,33 (skor tertinggi) dan 41,66 ( skor trendah). Hasil uji hipotesis menggunakan uji t menghasilkan thitung Sebesar 24.5 sedang kandari daftar distribusi di peroleh harga ttabel 2.92 ternyata harga tterhitung lebih besar dari ttabel sehingga dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran tipe Student Team Achievement Divison (STAD) memiliki pengaruh yang signitifikan terhadap kemampuan passing bawah dalam permainan bola voli.
Kata Kunci : Tipe STAD, Passing Bawah.
Download berkas