Penulis / NIM
HARDITO PAPUTUNGAN / 831413169
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Abstrak
abstrak
ABSTRAK
Hardito Paputungan. 2013. Nim 831 413 169. ��Ã..." Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori Terhadap Kemampuan Lempar Cakram Pada Siswa Kelas ã�-VIIIã�-^2 SMP Negeri TapaÃ��ÂÂ. Program studi S1 penjaskesrek. Jurusan Pendidikan Keolahragaan. Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Sarjan Mile,MS dan Pembimbing II Risna pondungge, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini yaitu siswa kurang mampu melakukan gerak dasar lempar cakram dengan baik dan benar. Cara pemecahan masalah, yakni dengan menerapkan model pembelajaran ekspositori dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan lempar cakram pada siswa kelas ã�-VIIIã�-^2 SMP Negeri 1 Tapa. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran ekspositori pada siswa kelas ã�-VIIIã�-^2 SMP Negeri 1 Tapa. Hasil penelitian ini terbukti signifikan, dimana terjadi peningkatan kemampuan siswa kelas ã�-VIIIã�-^2 dalam melakukan lempar cakram setelah diberi tindakan dengan menerapkan model pembelajaran ekspositori dalam pembelajaran pendidikan jasmani materi lempar cakram sebanyak 16 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan lempar cakram meningkat setelah diberi tindakan dan mencapai hasil sesuai dengan yang di harapkan yakni, hasil pre-test atau tes awal sebelum diberikan tindakan menunjukan skor tertinggi 66,67 dan skor terendah 41,67. Setelah dilakukan analisis di peroleh nilai rata-rata 52, nilai stan dari deviasi 8.1 dan varians 65.25, sedangkan hasil pos-test atau tes akhir setelah diberikan tindakan dengan menerapkan model pembelajaran ekspositori menunjukan skor tertinggi 91,67 dan skor terendah 66.67. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 78.66, standar deviasi 6.84 serta varians 46.74. Dari hasil pretest dan pos test diperoleh peningkatan hasil rata-rata sebesar 26.66. pengujian hasil pre-test dan post-test menunjukkan harga thitung sebesar 39.79. Sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga tdaftar atau t(0,995(24) = 2.80. Ternyata harga thitungtelah berada di dalam daerah penerimaan HA. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa HA diterima dan tidak dapat menerima Ho. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat disimpulkan dalam penelitian eksperimen semu ini jika model pembelajaran ekspositori diterapkan dalam pembelajaran penjaskes khususnya materi lempar cakram pada siswa ã�-VIIIã�-^2 SMP Negeri 1 Tapa dapat meningkat.
Kata kunci : Lempar cakram, Model pembelajarn Ekspositori, siswa kelasã�-VIIIã�-^2 SMP Negeri 1 Tapa.
Download berkas