Penulis / NIM
IKHLAS AZIS RIKWANDY MAEL / 831413174
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
ZULKIFLI LAMUSU, S.Pd. M.Pd / 0025078304
Pembimbing 2 / NIDN
ROSBIN PAKAYA, S.Pd, M.Pd / 0023038504
Abstrak
ABSTRAK
IKHLAS AZIS R. MAEL, NIM : 831413174, 2018. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan menendang kaki bagian dalam permainan sepak bola pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga. Skripsi, Pembimbing I : Zulkifli A. Lamusu, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II : Rosbin Pakaya, S.Pd, M.Pd. Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Program Studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Gorontalo.
Dari penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti selama 6 kali pertemuan, model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division dapat meningkatkan kemampuan menendang kaki bagian dalam permainan sepak bola pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga. Hal ini didasari setelah dilakukan perhitungan statistic hasil penelitian tes awal diperoleh nilai rata-rata 28.41 dan tes akhir diperoleh nilai 58.71. Dengan pengujian dua rata-rata analisis varians dan setelah dianalisis menunjukan harga (thitung) sebesar 25.89. Sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga t(1-005)(22-1) atau t(0,995)(21) = 2.83 ,dengan demikian (thitung) lebih besar dari tdaftar. Sehingga hipotesis Ha yang menyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan menendang kaki bagian dalam permainan sepak bola siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga ditolak dan diterima hipotesis Ho yang menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student Team Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan menendang kaki bagian dalam permainan sepak bola siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga
Kata Kunci : Tipe student Team Achievement Division (STAD), Menendang Kaki Bagian Dalam, Sepak bola
Download berkas