Penulis / NIM
ANJOS GUSTIAWAN / 831413192
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
Anjos Gustiawan. 2013. Nim 831 413 192. " Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori Terhadap Kemampuan Lempar Cakram Pada Siswa Kelas £-VIII£-^2 SMP Negeri Telaga". Program studi S1 penjaskesrek. Jurusan Pendidikan Keolahragaan. Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Suriyadi Datau, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini yaitu siswa kurang mampu melakukan gerak dasar lempar cakram dengan baik dan benar. Cara pemecahan masalah, yakni dengan menerapkan model pembelajaran ekspositori dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan lempar cakram pada siswa kelas £-VIII£-^2 SMP Negeri 1 Telaga. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran ekspositori pada siswa kelas £-VIII£-^2 SMP Negeri 1 Telaga. Hasil penelitian ini terbukti signifikan, dimana terjadi peningkatan kemampuan siswa kelas £-VIII£-^2 dalam melakukan lempar cakram setelah diberi tindakan dengan menerapkan model pembelajaran ekspositori dalam pembelajaran pendidikan jasmani materi lempar cakram sebanyak 16 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan lempar cakram meningkat setelah diberi tindakan dan mencapai hasil sesuai dengan yang di harapkan yakni, hasil pre-test atau tes awal sebelum diberikan tindakanmenunjukanskortertinggi 66,67 danskorterendah 41,67. Setelahdilakukananalisisdiperolehnilai rata-rata 52, nilaistandardeviasi 8.1 danvarians 65.25, sedangkanhasilpos-test atau tes akhir setelah diberikan tindakan dengan menerapkan model pembelajaran ekspositorimenunjukanskor tertinggi 91,67 danskorterendah 66.67. Setelahdilakukananalisisdiperolehnilai rata-rata 78.66, standardeviasi 6.84 sertavarians 46.74. Dari hasil pretest danpos test diperolehpeningkatanhasil rata-rata sebesar 26.66. pengujian hasil pre-test dan post-test menunjukkan harga thitung sebesar 39.79. Sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga tdaftar atau t(0,995(24) = 2.80. Ternyata harga thitungtelah berada di dalam daerah penerimaan HA. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa HA diterima dan tidak dapat menerima Ho. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat disimpulkan dalam penelitian eksperimen semu ini jika model pembelajaran ekspositori diterapkan dalam pembelajaran penjaskes khususnya materi lempar cakram pada siswa £-VIII£-^2 SMP Negeri 1 Telaga dapat meningkat.
Kata kunci : Lempar cakram, Model pembelajarn Ekspositori, siswa kelas£-VIII£-^2 SMP Negeri 1 Telaga.
Download berkas