Penulis / NIM
SAFRIAT IGIRISA / 831413207
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
SafriatIgirisa. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Lompat Jauh Di Kelas VII SMP Negeri Widya Krama Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi Penjaskes-Rek, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Suriyadi Datau, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini sebagai berikut :apakah terdapat pengaruh model pembelajarankooperatif tipe STAD terhadap keterampilan gerak dasar lompat jauh pada matapelajaran PJOKdi kelas VII SMP Negeri Widya Krama ? Tujuan dari penelitian adalah untuk melihat seberapabesar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap keterampilan gerak dasar lompat jauh pada matapelajaran PJOK di kelas VII SMP Negeri Widya Krama. Hipotesis penelitian ini adalah ..."terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap keterampilan gerak dasar lompat jauh pada mata pelajaran PJOK di kelas VII SMP Widya Krama.
Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t menghasilkan thitung sebesar 18,23 sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga ttabel 2.76. Ternyata harga thitung lebih besar darittabel. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan gerak dasar lompat jauh. Penelitian menjawab hasil dari hipotesis yang diajukan dan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan pengaruh terhadap keterampilan gerak dasar lompat jauh pada siswa kelas VII SMP Negeri Widya Krama
Kata Kunci : STAD, Lompat Jauh, Atletik.
Download berkas