Penulis / NIM
JULKIFLI BUYUNGGADANG / 831413214
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Abstrak
ABSTRAK
JULKIFLI BUYUNGGADANG. Nim 831 413 214. Judul Skripsi ..."Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Kemampuan Passing Bawah Dalam Permainan Bolavoli Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Gorontalo. Di bawah bimbingan Drs. Sarjan Mile, M.S. selaku pembimbing I dan Risna Podungge, S.Pd, M.Pd. selaku pembimbing II
Masalah dalam penelitian: apakah terdapat pengaruh model pembelajaran explicit instruction terhadap kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli siswa kelas XI SMA Negeri 2 gorontalo. Tujuan dalam penelitian ini: untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran explicit instruction terhadap kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Gorontalo Kab. Gorontalo, selama 2 bulan. Penelitian menggunakan metode eksperimen ..."one group and post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Gorontalo yang berjumlah 206 orang dengan sampel sebanyak 20 orang. Menggunakan tehnik analisis data dengan uji. Dari hasil penelitian pre-test menunjukkan skor tertinggi 12 dan skor yang terendah 1. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 4.35 dan nilai standar deviasi 3.09 dan varians 9.60. Sedangkan pada hasil penelitian post-test menunjukkan skor tertinggi 15 dan skor terendah 4. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 7.05 dan standar deviasi 3.20 serta varians 10.26. Hal ini menunjukkan bahwa responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini memperoleh peningkatan hasil rata-rata dari pre-test sampai post-test dengan selisih peningkatan sebesar 2.7. Sedangkan pengujian hasil pre-test dan post-test menunjukkan harga thitung sebesar 13.5 sementara itu dari daftar distribusi diperoleh harga tdaftar atau t(0,995(19) = 2.86. Ternyata harga thitung telah berada di dalam daerah penerimaan Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan tidak dapat menerima Ho. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran explicit instruction dapat meningkatkan kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli.
Kata Kunci : Passing Bawah Bolavoli, Model Pembelajaran Explicit Instruction.
Download berkas