Penulis / NIM
MOHAMAD GUFRAN / 831413224
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
MIRDAYANI PAUWENI, S.Pd / 0003058402
Abstrak
ABSTRAK
MOHAMAD GUFRAN. 831413224. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Lari Jarak Pendek Melalui Penerapan Model PembelajaranCooperativeStudent Team Achievement Division (Stad) Pada Siswa Kelas VIIII SMP Negeri 1Telaga. Skripsi, jurusan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Rekreasi, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I RISNA PODUNGGE, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II MIRDAYANIPAUWENI, S.Pd, M.Pd
Masalah dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran penjasorkes khususnya pada olahraga atletik lari jarak pendek masih kurang efektif.Tujuan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah : ..."Guna meningkatkan hasil belajar, dan secara khusus untuk meningkatkan olahraga lari jarak pendek khususnya lari jarak pendekpada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga.. Hipotesis tindakan yakni ...": jika guru menerapkan model pembelajaran Cooperative Student TeamAchievement Division (STAD) maka hasil belajar siswa dalam olahraga lari jarak pendekakan meningkat. Indikator kinerja, apabila terjadi peningkatan hasil belajar lari jarak pendek dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Student TeamAchievement Division (STAD) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga keseluruhan siswa sudah mencapai minimal 75%, maka penelitian ini dianggap selesai serta dianggap berhasil. Penelitian ini merupakan suatu jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di sekolah SMP Negeri 1Telaga. Dengan Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1Telaga dengan jumlah siswa 25 orang. Pengambilan data dapat dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi terhadapmateri yang di ajarkan pada setiap siklus kemudian dianalisis baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif, berdasarkan analisis data diketahui terjadi peningkatan rata-rata kemampuan hasil belajar lari jarak pendek yakni: pada observasi awal rata-rata kemampuan Siswa sebesar 48,66%. Setelah diadakan tindakan siklus Iterjadi peningkatansebesar 56,66%, disiklus II terjadi peningkatan71% menjadi 14,34%, danpada tindakan siklus IIImeningkat lagi sebesar 83% menjadi 79,33%. Jadi hipotesis penelitian tindakan kelas ini dinyatakan: ..."jika guru menerapkan model pembelajaranCooperative Student TeamAchievement Division (STAD) maka hasil belajar siswa dalam lari jarak pendekakan meningkat. dapat diterima.
Kata Kunci : Hasil Belajar Lari Jarak Pendek, Model Pembelajaran Cooperative Student Team Achievement Division (STAD), Siswa SMP Negeri 1 Telaga
Download berkas