Penulis / NIM
SUPRIANTO / 831413230
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Pembimbing 2 / NIDN
SYARIF HIDAYAT, S.Pd Kor M.Or / 0003047902
Abstrak
Abstrak
Suprianto Nim 831413230. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Kemampuan Service Bawah Voli Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bolango Timur. Skirpsi, Jurusan Pendidikan Keolahragaan Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, Dan Rekreasi, Fakultas Olahraga Dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ruslan, S.Pd, M.Pd Dan Pembimbing II Syarif Hidayat, M.Or.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara ilmiah Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap kemampuan service bawah dalam voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bolango Timur. Hipotesa dalam penelitian ini yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Student Facilitator And Explaining terhadap kemampuan service bawah voli siswa kelas VIII. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan memberikan pemebelajaran Student Facilitator And Explaining selama 4 kali pertemuan dengan frekwensi latihan 1 kali seminggu, rancangan penelitian ini menggunakan desain penelitian ..."one group pre test post test design. Dengan sampel berjumlah 20 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bolango Timur. Kemudian latihan diberikan selama 4 kali pertemuan dan dites akhir dengan menggunakan tes keterampilan service bawah.
Teknik analisa data adalah dengan menggunakan rumus Uji " t dengan taraf signifikan =0,05, derajat kebebasan (dk) = n " 1 = 20 " 1 = 19. Kriteria pengujiannya adalah tolak hipotesis nol jika nilai t_hitung>t_tabel dan pada keadaan lain hipotesis nol diterima.Setelah persyaratan analisis terpenuhi yakni data berdistibusi normal dan homogen maka selanjutnya diuji hipotesis, dari hasil perhitungan dengan mengunakan Uji - t diperoleh t_hitung sebesar 10,494 ternyata lebih besar dari nilai t_tabel yakni sebesar 2,093 pada taraf signifikan =0,05maka Hipotesis nol ditolak yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara skor perolehan tes awal dengan tes akhir. Dan hipotesis dalam penelitian ini terbukti yakni terdapat pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap kemampuan servis bawah bola voli siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bolango Timur.
Kata Kunci: model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap kemampuan servis bawah bola voli
Download berkas