Penulis / NIM
VIRDAWATI KAMUMU / 831413231
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Pembimbing 2 / NIDN
EDY DHARMA PUTRA DUHE, S.Pd M.Pd / 0015068103
Abstrak
ABSTRAK
Virdawati Kamumu. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Servis Bawah Permainan Bola Voli Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tilamuta. Skripsi, program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I Bapak Ruslan,S.Pd, M.PddanPembimbing II BapakEdy Dharma Putra Duhe, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : ..."Apakah ada pengaruh model pembelajaran direct instruction terhadap hasil belajar servis bawah permainan bola voli di kelas X SMA Negeri 2 Tilamuta? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran direct instruction terhadap hasil belajar servis bawah permainan bola voli di kelas X SMA Negeri 2 Tilamuta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran direct instruction.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian latihandi dapati nilai rata-rata tes awal 4,79, varians 5,836 dan standar deviasi 2,42. Data rata-rata tes akhir 9,14, varians 20,13dan standar deviasi 4,4866, data tes awal dan tes akhir berasal dari populasi yang homogen dan berdistribusi normal. Dari hasil analisis data servis bawahdi dapati bahwa Hasil uji t Dari data hasil belajar servis bawah dengan hasil analisis thitung > ttabel sebesar 4,74869>1,771 hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran direct instruction dalam peningkatan hasil belajar servis bawah pada siswa kelas X SMA Negeri 2Tilamuta.
Kata Kunci : Servis Bawah, Permainan Bola Voli, Model Pembelajaran Direct Instruction.
Download berkas