SKRIPSI

Penulis / NIM
MOHAMAD RIZKI DJENAAN / 831413234
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ASRY SYAM, S.Pd, M.Pd / 0006067607
Pembimbing 2 / NIDN
Dr MEYKE PARENGKUAN, M.Pd / 0003047906
Abstrak
ABSTRAK Mohamad Rizki Djenaan, 831413234. 2020. “ Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori Terhadap Kemampuan Lempar Cakram Pada Siswa Kelas ã€-VIIIã€-^2 SMP Negeri Telaga”. Program studi S1 penjaskesrek. Jurusan Pendidikan Keolahragaan. Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Asry Syam, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Meyke Parengkuan, M.Pd Masalah dalam penelitian ini yaitu siswa kurang mampu melakukan gerak dasar lempar cakram dengan baik dan benar. Cara pemecahan masalah, yakni dengan menerapkan model pembelajaran ekspositori dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan lempar cakram pada siswa kelas ã€-VIIIã€-^2 SMP Negeri 1 Telaga. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran ekspositori pada siswa kelas ã€-VIIIã€-^2 SMP Negeri 1 Telaga. Hasil penelitian ini terbukti signifikan, dimana terjadi peningkatan kemampuan siswa kelas ã€-VIIIã€-^2 dalam melakukan lempar cakram setelah diberi tindakan dengan menerapkan model pembelajaran ekspositori dalam pembelajaran pendidikan jasmani materi lempar cakram sebanyak 16 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan lempar cakram meningkat setelah diberi tindakan dan mencapai hasil sesuai dengan yang di harapkan yakni, hasil pre-test atau tes awal sebelum diberikan tindakanmenunjukanskortertinggi 66,67 danskorterendah 41,67. Setelahdilakukananalisisdiperolehnilai rata-rata 52, nilaistandardeviasi 8.1 danvarians 65.25, sedangkanhasilpos-test atau tes akhir setelah diberikan tindakan dengan menerapkan model pembelajaran ekspositorimenunjukanskor tertinggi 91,67 danskorterendah 66.67. Setelahdilakukananalisisdiperolehnilai rata-rata 78.66, standardeviasi 6.84 sertavarians 46.74. Dari hasil pretest danpos test diperolehpeningkatanhasil rata-rata sebesar 26.66. pengujian hasil pre-test dan post-test menunjukkan harga thitung sebesar 39.79. Sedangkan dari daftar distribusi diperoleh harga tdaftar atau t(0,995(24) = 2.80. Ternyata harga thitungtelah berada di dalam daerah penerimaan HA. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa HA diterima dan tidak dapat menerima Ho. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat disimpulkan dalam penelitian eksperimen semu ini jika model pembelajaran ekspositori diterapkan dalam pembelajaran penjaskes khususnya materi lempar cakram pada siswa ã€-VIIIã€-^2 SMP Negeri 1 Telaga dapat meningkat. Kata kunci : Lempar cakram, Model pembelajarn Ekspositori, siswa kelasã€-VIIIã€-^2 SMP Negeri 1 Telaga.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011