Penulis / NIM
ZULKHAIR / 831413236
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
RUSLAN, S.Pd, M.Pd / 0017087802
Abstrak
ABSTRAK
ZULKHAIR, NIM 831413236 â�Ëâ�Ëmeningkatkan keterampilan teknik dasar dribbling pada permainan bola basket melalui model pembelajaran kooperatif tipe stad pada siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Kabila��. Skripsi, Program S1 Pendidikan olahraga kesehatan dan rekreasi, pembimbing I Risna Podungge, S.Pd,M.Pd, pembimbing II Ruslan S.Pd,M.Pd,
Permasalahan dalam penelitian ini yakni kurangnya keterampila siswa dalam melakukan gerak dasar dribbling (menggiring bola) dengan baik dan benar serta kurang optimalnya proses pebelajaran dan pemahaman siswa dalam melakukan tenik dasar dribbling dalam permainan bola basket. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk menikatkan keterampilan dasar dribbling bola basket melalui model pembelajaran kooperatif tipe stad pada siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri I Kabila. Hipotesis tindakan yakni â�ËÃ¢ï¿½Ë jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad maka keterampilan siswa dalam melakukan teknik dasar dribbling akan meninkat â�Â. Indikator kinerja : apabila penuasaan siswa dalam hal pelaksanaan teknik dasar dribbling mencapai minimal 80% dari seluruh siswa yang mencapai subyek penelitian dengan kriteria penilaian 70-79 maka penelitian tindakan kelas ini dinyatakan selesai.
Kesimpulan dalam penilitian ini yang di laksankan di SMANegeri I Kabila. Dengan subyek penelitian penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri I Kabila dengan jumlah siswa 28 orang, putra berjumlah 12 orang dan puri berjumlah 16 orang. Pengambilan data di lakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan lembar penamatan guru, serta evaluasi terhadap materi yang di ajarkan pada setiap siklus kemudian di analisis baik secara kualitatif maupun kuantittif, berdasarkan analisis data di ketahui terjadi peningkatan rata rata kemampun teknik dasar dribbling yakni pada observasi awal 52.04 setelah di adakan siklus I terjadi peninkatan 71.04 dan pada tindakan siklus II di peroleh hasil capaian sebesar 85.58 jadi hipotesis yang di nyatakan ��jika guru menggunakan model pembelajaran (kooperatif tipe stad) maka teknik dasar dribbling pada siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri I Kabila dapat di tingkatkan�� dapat di terima.
Kata kunci : Teknik Dasar Dribbling. Model Pembelajaran kooperatif tipe stad.
Download berkas