Penulis / NIM
MOHAMAD R. NENTO / 831413266
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
EDY DHARMA PUTRA DUHE, S.Pd M.Pd / 0015068103
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran lompat jauhmelalui metode pendekatan bermain di kelas V SDN No. 17 Kota Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN No. 17 Kota Barat pada siswa kelas V berjumlah 27 orang siswa. Data penelitian diambil dengan menggunakan lembar pengamatan guru dan siswa, serta evaluasi terhadap materi yang diterapkan pada setiap siklus. Selanjutnya data dikaji secara seksama berdasarkan analisis data yang diketahui bahwa menggunakan metode pendekatan bermain dapat meningkatkan pembelajaran lompat jauhsiswa kelas V SDN No. 17 Kota Barat, hasil penelitian tindakan kelas ini adalah metode pendekatan bermain meningkatkan pembelajaran lompat jauhsiswa kelas V SDN No. 17 Kota Barat. Penelitian ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa dari awal 57,45, kemudian dimulai pada siklus I mencapai 74,44, pada saat dilakukan siklus II meningkat hingga 86,17. Jadi, hipotesis yang berbunyi "jikametode pendekatan bermain diterapkan maka pembelajaran lompat jauh dalam pada siswa kelasV SDN No. 17 Kota Barat dapat ditingkatkan". Maka dapat disimpulkan bahwa metode pendekatan bermain dapat meningkatkan pembelajaran lompat jauh, dan dengan menerapkan metode pendekatan bermain juga memberikan dampak yang nyata / signifikan terhadap pembelajaran lompat jauhsiswa kelas V SDN No. 17 Kota Barat.
Kata Kunci : Lompat jauh, Metode pendekatan bermain.
Download berkas