Penulis / NIM
HAMZAH KALIBI / 831413271
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. SARJAN MILE, M.S / 0008056102
Pembimbing 2 / NIDN
MARSA LIE TUMBAL, S.Pd M.Pd / 0023047603
Abstrak
ABSTRAK
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN 6 Bolango Utara pada siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang siswa. Data penelitian diambil dengan menggunakan lembar pengamatan guru dan siswa, serta evaluasi terhadap materi yang diterapkan pada setiap siklus. Selanjutnya data dikaji secara seksama berdasarkan analisis data yang diketahui bahwa menggunakan metode berpasangan dapat meningkatkan hasil belajar lempar tangkap bolasiswa kelas IVSDN 6 Bolango Utara, hasil penelitian tindakan kelas ini adalah metode berpasangan meningkatkan hasil belajar lempar tangkap bola pada permainan kasti siswa kelas IVSDN 6 Bolango Utara. Penelitian ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil kemampuan siswa dari awal 50,88%, kemudian dimulai pada siklus I mencapai 70,22%, pada saat dilakukan siklus II meningkat hingga 87,88%. "Jika metode berpasangan diterapkan maka hasil belajar lempar tangkap bola pada permainan kasti pada siswa kelas IV SDN 6 Bolango Utara Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan". Maka dapat disimpulkan bahwa metode berpasangan dapat meningkatkan hasil belajar lempar tangkap bola pada permainan kasti, dan dengan menerapkan metode berpasangan juga memberikan dampak yang nyata / signifikan terhadap hasil belajar lempar tangkap bola pada permainan kasti pada siswa kelas IV SDN 6 Bolango Utara.
Kata Kunci : Lempar tangkap bola, Permainan kasti, Metode Berpasangan.
Download berkas