Penulis / NIM
ERLINA PAKAYA / 831413281
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
RISNA PODUNGGE, S.Pd., M.Pd / 0021077106
Pembimbing 2 / NIDN
SURIYADI DATAU, S.Pd., M.Pd / 0019048201
Abstrak
ABSTRAK
Erlina Pakaya.Nim. 831 413 281. "Meningkatkan Kemampuan Servis Bawah Dalam Permainan Bola Voli Melalui Strategi Pembelajaran Kelompok Pada Siswa Kelas V SDN 17 Telaga Biru. Jurusan Pendidikan Keolahragaan, Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan dan Keolahragaan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Risna Podungge,S.Pd,M.Pd, pembimbing II Suriyadi Datau, S.Pd. M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah melalui Strategi Pembelajaran Kelompok dapat meningkatkan kemampuan servis bawah dalam permaian bola voli pada siswa Kelas V SDN 17 Telaga Biru?". Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan servis bawah dalam permainan bola voli melalui strategi pembelajaran kelompok pada siswa kelas V di SDN 17 Telaga Biru.
Hipotesis tindakan yakni jika guru menggunakan strategi pembelajaran kelompok,maka kemampuan servis bawah dalam permainan bola voli dapat ditingkatkan. Apa bila telah terjadi peningkatan kemampuan servis bawah dalam permainan bola voli siswa SDN 17 Telaga Biru sebesar 80% dari keseluruhan siswa yang menjadi sampel penelitian ini dengan perolehan nilai rata-rata 80 yang tergolong dalam kategori baik, maka penelitian ini dianggap berhasil dan selesai.
Penelitian tindakan kelas ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan pada tahap pemantauan dan evaluasi dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan lembar kegiatan guru. Kemudian data dianalisis baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui terjadi peningkatan kemampuan servis bawah dalam permainan bola voli pasa siswa SDN 17 Telaga Biru, dari observasi awal nilai rata-rata keseluruhan yaitu 59,17%, pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 69,70%, pada siklus II peningkatan mencapai 80,67%, maka dapat disimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran kelompok kemampuan servis bawah dalam permainan bola voli pada siswa SDN 17 Telaga Biru dapat ditingkatkan.
Dengan analisis data tersebut maka hipotesis tindakan teruji kebenarannya yaitu : melalui strategi pembelajaran kelompok kemampuan servis bawah dalam permaian bola voli pada siswa SDN 17 Telaga Biru dapat ditingkatkan.
Kata Kunci : Bola Voli, Servis Bawah dan Strategi Pembelajaran Kelompok.
Download berkas