Penulis / NIM
RUSLI BUSURA SINO / 831413304
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr AISAH R POMATAHU, mkes / 0020055808
Pembimbing 2 / NIDN
RUSLAN / 0017087802
Abstrak
ABSTRAK
Rusli Busura Sino. NIM. 831 413 304. "Meningkatkan Teknik Dasar Menendang Dengan Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepak Bola Melalui Metode Berpasangan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Botupingge". Pembimbing I Dr. Hj. Aisah R. Pomatahu, Dra, M.Kes dan Pembimbing II Ruslan, S.Pd, M.Pd. 2015
Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah melalui metode berpasangan dapat meningkatkan teknik dasar menendang dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Botupingge?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan teknik dasar menendang dengan menggunakan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola siswa kelas VII SMP Negeri 1 Botupingge. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu metode berpasangan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Botupingge. Adapun Subyek dalam penelitian adalah siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Botupingge dengan jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari 8 orang putra dan 12 orang putri.
Hasil Penelitian menyimpulkan bahwa observasi awal rata-rata keterampilan siswa dalam melakukan menendang dengan menggunakan kaki bagian dalam sebesar 54,6 dengan kategori kurang. Selanjutnya dilaksanakan siklus I, adapun rata-rata keterampilan yang diperoleh yaitu 71,9 dengan kategori cukup. Pada sisklus II, terjadi peningkatan yang signifikan, serta melampaui indikator kinerja yang diharapkan yaitu rata-rata kemampuan siswa mencapai 81,1 dengan kategori baik.
Dengan demikian disimpulkan hipotesis penelitian yang berbunyi "terdapat peningkatan keterampilam teknik dasar menendang dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola siswa SMP Negeri 1 Botupingge dengan menerapan strategi practice rehearsal pairs (praktik berpasangan)" diterima.
Kata Kunci : Permainan Sepak Bola, Teknik Dasar Menendang Dengan Kaki Bagian, Metode Berpasangan
Download berkas